MIF: Cara NU Bangkitkan Ekonomi Warga Miskin #KopdarNetizenNU #Spirit212

Madura Idea Foundation (MIF), namanya. Organisasi yang didirikan tokoh pemuda NU Pamekasan Dr Moh Fudholi tersebut, tampak kian getol meringankan beban hidup warga miskin dari kalangan nahdliyin di Pulau Madura.

Di MIF, terdapat jargon untuk mengubah satu situasi mental kemiskinan. Namanya ATAS (Alengleng Tarebhung Abentoh Sataretanan); gerakan yg dilakukan kapanpun untuk membantu sesama.

Tapi selama ini, gerakan ATAS lebih populer sebagai gerakan bulanan. Setiap bulan pemuda NU yang tergabung dalam MIF rurun ke bawah untuk menyerahkan bantuan sosial (bansos). Sasarannya ialah semua masyarakat Madura yang berada di bawah garis kemiskinan, mulai dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

"Lansia miskin, anak yatim, warga disabilitas untuk saat ini difokuskan perkecamatan tiap bulan. Dana berasal dari sumbangan anggota serta para dermawan. Juga, berasal dari produk dan ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh MIF," ujar Dr Moh Fudholi, Selasa (20/12).

Tujuan gerakan ATAS, terang Fudholi, ialah guna meningkatkan stabilitas sosial, kesejahteraan masyarakat , dan pemerataan ekonomi masayarakat. Dalam pelaksanaannya, MIF mengajak NU untuk menyapa masyarakat melalui gerakan ATAS, karena hampir semua anggota MIF adalah NU dan putra pengurus NU.

"Kami melibatkan NU karena selain anggota MIF adalah warga nahdliyin, NU adalah satu-satunya organisasi yang strukrunya sampai tingkat kampung (ranting). Sehingga, nanti memudahkan pada MIF untuk mencari data masyarakat miskin," tukas dosen muda tersebut. (sumber)
Share on Google Plus

About Admin2

Aksi damai yang digelar jutaan umat Islam di Monas, Jakarta ternyata memberi kesan indah merupakan aksi damai Pancasila; Yakni aksi yang religi, diisi ibadah, damai, bermoral tinggi, saling menghargai antara peserta dan aparat keamanan, saling bantu antara peserta aksi dan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

loading...