Adzan Kapolres Cirebon Kota, AKBP Indra Jafar, Saat Aksi #SuperDamai212

merdeka.com
Jumat (2/11), suara adzan berkumandang, membuat jutaan massa yang memadati lapangan monas buru-buru bergegas merapat dan bersiap melaksanakan salat jumat.

Seorang pria berkulit putih terlihat berdiri sambil memegang pengeras suara, matanya terlihat teduh, siapa pun yang melihatnya pasti tak akan menyangka jika pria yang berdiri tersebut adalah perwira menengah kepolisian.

Pria tersebut adalah Kapolres Cirebon Kota, AKBP Indra Jafar yang didaulat oleh panitia aksi bela islam 3 sebagai muadzin Salat Jumat dengan jamaah terbanyak di indonesia yang digelar di lapangan Monas, kemarin.

"Suatu kehormatan bisa berdiri ditengah-tengah jutaan saudara muslim, dan berkesempatan untuk azan," ujar AKBP Indra seperti dituturkan Karo Penmas Mabes Polri Kombes Rikwanto, Sabtu (3/12).

Keterlibatan Indra hingga ditunjuk menjadi muadzin dalam pelaksanaan salat jumat akbar di lapangan monas tidak lepas dari peran sahabatnya yakni Ustaz Arifin Ilham yang mendapuknya untuk menjadi mudzin.

"Sebelumnya saya memang kenal dan dekat dengan beberapa ulama, ketika diminta saya langsung mengiyakan," imbuhnya.

Menurutnya, beberapa saat sebelum melaksanakan tugas sebagai muadzin, Kapolri Jenderal M Tito Karnavian tiba-tiba memanggilnya, saat itu orang nomor 1 di Korps Bhayangkara tersebut memberikannya ucapan selamat karena dipercaya untuk menjadi muadzin dalam pelaksanaan Salat Jumat. Kapolri juga memintanya supaya maksimal menjalankan tugas.

"Sempat ketemu dengan Kapolri, beliau saat itu sedikit kaget, nggak nyangka ada kapolres yang jadi muadzin, tapi beliau bangga, memang harus seperti, setiap pimpinan harus bisa jadi contoh dan mencontohkan, tidak hanya memerintah," tuturnya.

Sebenernya bagi masyarakat Kota Cirebon, Indra Jafar bukanlah sosok asing, meskipun baru enam bulan berdinas di Polres Cirebon kota, tapi penggalan dan pembinaan yang dilakukan begitu mendalam. Hampir setiap Jumat dia berkeliling dari masjid ke masjid menyampaikan program kepolisian, bahkan tak jarang Indra didaulat menjadi muadzin di masjid yang ia datangi.

"Islam agama yang mengajarkan kelembutan, menebar kedamaian untuk mahluk seluruh alam, ini yang harus benar-benar kita jaga," paparnya. (merdeka.com)

Share on Google Plus

About Admin2

Aksi damai yang digelar jutaan umat Islam di Monas, Jakarta ternyata memberi kesan indah merupakan aksi damai Pancasila; Yakni aksi yang religi, diisi ibadah, damai, bermoral tinggi, saling menghargai antara peserta dan aparat keamanan, saling bantu antara peserta aksi dan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

loading...