Kemenkop Kembangkan Wirausaha di Perbatasan dan Pelosok

Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) merespons upaya pemerataan kesejahteraan dengan mengembangkan program penciptaan wirausaha baru di wilayah perbatasan. Termasuk untuk wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal NKRI.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo mengatakan, pihaknya bertekad meningkatkan dan memperkuat SDM sektor koperasi dan UMKM di daerah tertinggal dan perbatasan. Untuk itu, sejumlah pelatihan keterampilan usaha termasuk pelatihan vokasional digelar di daerah-daerah tersebut.

"Kami berkomitmen meningkatkan kualitas SDM masyarakat di daerah perbatasan dan tertinggal, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Tujuannya agar mereka kemudian mampu bersaing dengan daerah lain yang sudah lebih dulu maju," kata Budi.

Menurut Budi, potensi ekonomi di wilayah Indonesia bagian timur sangat besar, seperti sektor kelautan, perikanan, pertanian, kerajinan, dan sektor perdagangan. Namun, potensi ini belum digarap dengan baik. Salah satu kendalanya adalah kualitas SDM yang masih lemah.

Pemerintah, lanjut Budi, menyadari persoalan lemahnya SDM itu. Sebagaimana Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dan meminta jajaran kabinetnya bekerja keras untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan dan tertinggal.

Kementerian Koperasi dan UKM yang mendapat tugas meningkatkan kualitas SDM di bidang koperasi dan UMKM pun bertekad untuk terus menjalankan amanat Presiden tersebut. Salah satunya melalui pelatihan dan pendidikan bagi SDM KUKM. (sumber)

Share on Google Plus

About Admin2

Aksi damai yang digelar jutaan umat Islam di Monas, Jakarta ternyata memberi kesan indah merupakan aksi damai Pancasila; Yakni aksi yang religi, diisi ibadah, damai, bermoral tinggi, saling menghargai antara peserta dan aparat keamanan, saling bantu antara peserta aksi dan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

loading...