#Megaproyek #Patani #Jaya di #Thailand Bisa Jadi Pemacu Semangat #KS212 #Spirit212 #BikinIri #AduNyali


Lesson: Bagaimana pihak swasta Yayasan Patani Jaya mampu menjadi ujung tombak menarik investasi ke Thailand melalui berbagai proyek pengembangan ekonomi dan properti

Tak ingin selamanya menjadi masyarakat termarjinalkan, masyarakat Melayu di Thailand mulai bangkit untuk meningkatkan taraf ekonoi mereka. Salah satunya adalah dengan meningkatkan partisipasi warga untuk membangun ekonomi Thailand.

Oleh sebab itu, dibangunlah “Megaproyek Patani Jaya” oleh Yayasan Pattani Jaya, sebagai bagian dari proses penciptaan perdamaian yang coba dilakukan oleh pihak pemerintah Thailand.

Saat ini, tengah dibangun pengerjaan rumah sakit swasta Islam pertama di Thailand, bagian dari "Kota Perdamaian" Patani Jaya yang sekarang tengah dibangun di Patani. Kini, hampir setengahnya telah rampung.

Megaproyek Patani Jaya senilai 6 miliar Baht ( setara dengan $183,8 juta) ini dimaksudkan untuk menjadi model untuk kehidupan damai di bawah nuansa Islam, untuk membawa harapan bagi penduduk yang tinggal di ujung Selatan Thailand. Tahap pertama diproyeksikan selesai pada 2015.

“Proyek ini akan secara resmi diberi nama Madinah Al-Salam,” ujar Direktur proyek Saleh Talek kepada Khabar Southeast Asia.

Fasilitas yang direncanakan meliputi masjid, rumah sakit, sekolah internasional, pusat perbelanjaan halal, taman rakyat, pusat kesehatan, museum, zona bisnis, gedung pertemuan, perpustakaan umum dan perumahan.

Baca: Jonru Hadiri Peletakan Batu Pertama ASEAN Mall

Universitas Islam Yala juga berencana untuk pindah ke kota baru ini, di mana namanya akan diganti, katanya.


“Kami ingin membangun masyarakat Islam yang damai sesuai dengan budaya penduduk ujung Selatan, untuk menunjukkan bahwa Islam dapat memimpin jalan dalam menghantarkan perdamaian ke masyarakat dan menyediakan kerangka kerja bagi orang-orang dari berbagai latar belakang untuk hidup dengan bahagia dan memuaskan,” kata Saleh.

“Kami berharap suatu hari perdamaian akan tiba bagi semua saudara kita di seluruh wilayah. Untuk mencapai ini, kuncinya adalah mengembangkan komunitas dengan etika sosial dan agama yang kuat, serta kualitas hidup yang baik.”

Proyek itu menjadi harapan besar bagi warga Patani, setidaknya mereka berharap keadilan dan penjajahan segera sirna di Thailand Selatan, sehingga mereka bisa berkumpul bersama keluarga tanpa ada rasa ketakutan.

“Berdirinya sebuah universitas baru di Pattani adalah berita baik dan saya percaya bahwa siswa dari daerah lain dan negara-negara lain akan datang ke sini untuk belajar,” ujar mahasiswa Prince of Songkla University Surawadee Benkharn.

Warga Muslim setempat, Nareesun Hasanee, berkata, ”Saya ingin melihat anak-anak saya, kerabat lain dan banyak orang lain pulang dengan kesempatan untuk bekerja di kampung halaman mereka dan memulihkan reputasi tempat ini seperti di masa lalu.” (lihat sumber berita)

Lihat liputannya di Bangkok Post


Share on Google Plus

About Admin2

Aksi damai yang digelar jutaan umat Islam di Monas, Jakarta ternyata memberi kesan indah merupakan aksi damai Pancasila; Yakni aksi yang religi, diisi ibadah, damai, bermoral tinggi, saling menghargai antara peserta dan aparat keamanan, saling bantu antara peserta aksi dan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

loading...